Teknik Reformasi

Rancangan Birokrasi sebagai suatu sistem muncul ketika Birokrasi menuntut organisasi sebesar organisasi pemerintahan harus pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Organisasi pemerintahan juga terbiasa mengatur rekruitmen Birokrasi secara formal. Jadi, kita melihat Organisasi dan Birokrasi adalah sama-sama dirancang sebagai suatu sistem besar yang berorientasi kepada aturan hukum dan perundang-undangan, yang kemudian dikenal dengan istilah sistem dan prosedur.

Kita harus mampu menampung aspirasi dan keluhan Masyarakat, agar Birokrasi dan Organisasi pemerintah tidak bersifat kaku, rumit, lamban, dan bahkan korup. PNS Birokrasi harus menganggap Masyarakat sebagai Tuan yang harus dilayani. Dalam kondisi seperti inilah, terjadi kecenderungan melakukan tindakan reformasi yaitu perubahan total dalam sistem pemerintahan.

(1) Sumber-sumber inspirasi kita yang sangat kuat mendorong perubahan / reformasi adalah :

· gagasan format ulang yang sangat mendesak agar Birokrasi kepemerintahan beradaptasi dengan perkembangan lingkungan.

· Gagasan meningkatkan kualitas SDM yang kompetensi dan bertanggung jawab, menjadi alasan utama mengapa pemerintah mendesak DIKLAT Etika Birokrasi.

· Gagasan bagaimana perubahan sistem agar birokrat menjadi responsif, tidak lamban, tidak status-quo, dan tidak korup.

Harapan masyarakat yang menjadi tuntutan seperti itulah, yang mendesak pemerintah untuk melakukan reformasi total di segala bidang. Bagaimana mungkin kita mewujudkan Birokrasi sebagai Penyelenggara Negara yang bersih dan bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Masyarakat juga mendambakan kehidupan demokrasi, tegaknya supremasi hukum, perlindungan dan penghormatan hak-hak asasi manusia (HAM). Disinilah peran reformasi, yang mana mendesak pemerintah untuk merubah sistem Birokrasi dan Aparatur pemerintahannya. Di sinilah terletak arti pentingnya meningkatkan Etika Birokrasi Organisasi pemerintahan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: