Kode Etik PNS

Etika Aparat Birokrasi dalam Bertugas

Dalam kehidupan berorganisasi, peranan Etika semakin penting dalam membangun prilaku Birokrasi, hal ini bila kita mengingat pertumbuhan organisasi yang penuh dengan keprihatinan, dimana organisasi sebagai sebuah sistem yang telah mengesampingkan nilai-nilai. Dampak dari keprihatinan organisasi dari sistemik menjadi organisasi modern, adalah semakin bertambah besar dan bertambah luas wewenang Birokrat. Keprihatinan ini hingga terungkapnya beberapa kasus seperti pencairan dana BLBI.

Dalam menghadapi perkembangan organisasi, kita harus mempertimbangkan berbagai Etika Berorganisasi, apakah Etika Umum ataukah dengan Etika Khusus. PP 42 / 2004 menetapkan Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS sebagai bagian dari Etika Berorganisasi.

Kode Etik PNS berkaitan dengan kompetensi Birokrasi agar bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsi baik kedinasan dan kehidupan sehari-hari. Disinilah Kode Etik PNS tumbuh dari misi, visi, strategi, dan nilai-nilai organisasi. Sekarang, bagaimana kita menanamkan nilai-nilai Kode Etika Berorganisasi. Coba dipikirkan dengan seksama dan efektif, bagaimana agar Kode Etik dapat berfungsi sebagai pedoman bagi para Pejabat/ Birokrat dalam pengambilan keputusan yang Etis dengan menyeimbangkan semua kepentingan yang beragam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: